Friday, April 6, 2012

Bluetooth vs. Wi-Fi


Setelah sebelumnya saya (red:admin) udah ngasih tau kalian tentang bluetooth dan Wi-Fi, yang cenderung mirip. Sekarang admin bakalan kasih tau perbedaan mendasar antara keduanya, biar kalian gak bingung bedainnya. :)
Perbedaan antara Wi-Fi dan Bluetooth baik wi-fi (wireless fidelity) dan standar bluetooth didasarkan pada protokol terpisah. Hal ini menimbulkan perbedaan antara wi-fi dan bluetooth, yang menyebabkan bidang aplikasi mereka berubah drastis.
Untuk lebih jelasnya, monggo dibaca :D




Jangkauan

Wi-fi telah menjadi favorit untuk membuat LAN (Local Area Network) di rumah-rumah dan kantor, tepat waktu dan tepat guna. Hal ini sangat jelas bahwa proses di rumah menjadi mudah, ketika anda tidak perlu mengintegrasikan kabel LAN di sistem anda untuk membentuk jaringan, untuk berbagi koneksi internet. Di kantor, penggunaan LAN nirkabel menyebabkan pengurangan biaya instalasi LAN. Jangkauan wi-fi itu cukup luas, sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel. Sedangkan, bluetooth hanya sekitar 30 kaki.

Standar

Seperti telah disebutkan, bluetooth dan wi-fi bekerja pada standar yang berbeda. Baru-baru ini instalasi wi-fi didasarkan pada standar 802.11n. Sedangkan, perangkat Bluetooth yang saat ini mengikuti standar 2.0 bluetooth.

Sambungan dan Instalasi 

Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana dan karena itulah mereka tidak perlu dikonfigurasi. Anda bisa langsung memilih perangkat lain untuk diaktifkan bluetoothnya, yang ingin Anda gunakan untuk mentransfer data. Jika Anda ingin mengaktifkan fasilitas bluetooth di komputer pribadi anda, maka yang harus Anda lakukan adalah membeli adaptor bluetooth. Ketika membeli adaptor bluetooth tersebut, Anda sekaligus akan mendapat setup CD untuk menginstal bluetooth tersebut ke komputer Anda. Setelah terinstal dengan benar, maka bluetooth Anda telash siap diaktifkan. Berbeda dengan wi-fi yang memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk mengaktifkan jaringan wi-fi, Anda perlu menginstal router dan modem.

Jenis Jaringan

Wi-fi menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) nirkabel. Sedangkan bluetooth mampu membantu Anda menggunakan PAN (Personal Area Network).

Data Transfer

Perbedaan lain antara wi-fi dan bluetooth adalah kecepatan transfer datanya. Kecepatan transfer bluetooth ini jauh lebih tinggi dari wi-fi. Dengan bluetooth, Anda dapat mentransfer data dengan kecepatan 800 kbps, dikarenakan wi-fi adalah data yang riskan, maka ia memiliki kecepatan yang lebih rendah. Jika anda terhubung ke Internet menggunakan wi-fi, kecepatan download Anda akan lebih kecil dibandingkan dengan apa yang akan Anda dapatkan ketika Anda terhubung menggunakan internet broadband.

Aplikasi Wi-Fi dan Bluetooth

Selain semua perbedaan yang disebutkan di atas, ada pula perbedaan antara wi-fi dan bluetooth lain, yakni di bagian aplikasi mereka juga. Bluetooth digunakan untuk data dan file transfer dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Misal, Anda dapat mengakses/mengaktifkan bluetooth printer dari komputer Anda. Tapi dengan wi-fi, Anda tidak hanya dapat melakukan transfer data, tetapi Anda juga dapat mengakses database dan software yang ada di beberapa mesin lain, namun masih dalam jaringan yang sama.

Tingkat keamanan

Tingkat keamanan pengiriman data untuk bluetooth lebih aman dibandingkan wi-fi. Namun bluetooth sendiri memiliki kekurangan karena rentan terhadap penyebaran virus.

Kekurangan dan Kelebihan

1. Kelebihan Bluetooth :

  • Bisa transfer file dengan gratis, tanpa perlu biaya download
  • Biaya murah dan konsumsi daya lebih rendah dibanding WiFI
  • Perangkat mudah digunakan, karena tanpa perlu dikonfigurasi terlebih dahulu
  • Dapat digunakan untuk transfer file dari komputer ke handphone dan sebaliknya
  • Memiliki fitur-fitur keamanan : Enkripsi data, Autentikasi user , Fast frekuensi-hopping (1600 hops/sec), Output power control.
  • Dapat menembus rintangan dan penghalang seperti dinding
  • Tidak memerlukan kabel atau kawat
  • Dapat digunakan sebagai penghubung modem


2. Kekurangan Bluetooth :

  • Kecepatan transfer bluetooth tidak selalu sama, tergantung dari perangkat yang mengirim dan yang menerima.
  • Ketika melakukan transfer file, tidak jarang selain mendapatkan file lain semisal virus
  • Keamanannya terkadang sering tidak menditeksi virus sehingga dalam proses transfer data si penerima data menerima data yang sudah terserang virus.
  • Hanya dapat menghubungkan maksimum 7 perangkat, walaupuan dalam kenyataannya hanya 2 perangkat yang terhubung sedang yang lain harus menunggu
  • Menggunakan frekuensi yang sama dengan gelombang LAN standar sehingga apabila dalam suatu ruangan terlalu banyak koneksi Bluetooth yang digunakan, akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima yang diinginkan, bahkan terkadang terjadi kegagalan pengiriman atau penerimaan 


3. Kelebihan Wi-Fi

  • Wilayah cakupan amat luas, kecuali di daerah tertentu yang tidak dapat dijangkau
  • Lebih reliable dalam arti lebih sedikit kegagalannya dibandingkan metode akses darat.
  • Produk Wi-Fi dapat diperluas di pasar. Berbeda jenis dari akses point dan jaringan interface klien interoperable di sebuah level dasar dari layanan.
  • Jaringan Wi-Fi mendukung roaming, dimana sebuah mobile client station seperti sebuah laptop komputer dapat pindah dari satu akses point ke lainnya seperti pengguna pindah di sekeliling sebuah gedung atau area.
  • Kecepatan transfer lebih tinggi


4. Kekurangan Wi-Fi

  • Point-to-pointer wireless LAN harus dalam keadaan tidak terhalang apa pun, baik itu pepohonan maupun gedung agar dapat dipakai
  • Tingkat sekuritas lemah, mudah di hack (penyadapan, injection, jamming, hijacking, access control,dsb)
  • Bila ada medan elektromagnetik dalam frekuensi yang sama saling berdekatan akan terjadi interferensi.







Mari Berbagi ...
^^

No comments:

Post a Comment